Tentang Logika

 Satu hal yg harus kita ketahui bersama bahwa logika bukanlah produk barat, produk Yunani atau yang lain. Ok mungkin secara historis kita tau ini digunakan di Yunani oleh Thales lalu dipopulerkan oleh Aristoteles.


Yang luput dari perhatian kita adalah, logika sebenernya adalah cara manusia berpikir yang kemudian dijelaskan menggunakan simbol-simbol. 


Lalu hal ini oleh sebagian orang diduga sebagai sesuai yg baru dan asing. Padahal, logika berada dalam pikiran kita sebagai manusia yang sadar.


Oleh sebab itu, ketika kita mengetahui sesuatu yang tidak jelas atau sesuatu yang salah. Kita akan menduga-duga atau berpikir bagaimana sesuatu seharusnya terjadi.


Kendati logika ada dalam pikiran kita, keberadaan bias dan dogma acapkali membuat hal ini tidak berjalan dengan benar. Bahkan sering dikesampingkan atau tidak digunakan sama sekali dalam hal-hal tertentu.


Menurutku, sebagai manusia yang menyadari posisinya sebagai manusia, penggunaan logika dalam setiap aspek hidup adalah sesuatu tindakan mengapresiasi (baca: bersyukur atas) keberadaan pikiran, yang tidak semua hewan memilikinya.


23/08/22

Comments