Tentang jalan hidup menurut sokrates dan plato

Mengikuti kata orang tua, kata masyarakat, kita harus begini, harus begitu, sekolah yang benar, dapet kerja, setelah itu menikah dan nanti cari rumah, kemudian punya anak, ngikut tren fashion,barang elektronik atau tren yg lainnya, terus begitu, lalu kamu bilang "Aku manusia bebas!" Bebas endasmu!😂


Kata sokrates, inilah hidup yang tidak diperiksa, inilah hidup yang dijalani begitu saja, yang lalu mungkin kamu sadar, kamu kecewa, dan sudah terlambat. 


Sokrates bilang, hidup yg tidak diuji adalah hidup yang sia-sia. Hidup yang tidak diperiksa itu tak layak untuk dijalani. 


Maka baik kalau kita memeriksa hidup kita, berpikir sebagai makhluk yg punya pikiran (inilah yg membedakan kita dengan hewan, kalo mau dibedakan), mencoba melihat apakah semua yang kita lakukan ini sungguh layak kita pilih sebagai jalan hidup.


Lalu kemudian plato berkata, kebaikan yang paripurna adalah kebaikan yang dipikirkan, (bukan hanya kebaikan yang katanya mendapat pahala dan mendapat balasan di dunia lain yg bahkan tidak kita ketahui itu apa dan di mana).


Hal ini juga tergambar sangat jelas di alegori gua plato, yang berbicara tentang kehidupan yang tidak diperiksa. Seperti kehidupan kita dewasa ini, banyak yg tidak kita periksa, namun kita jalani begitu saja.


25/09/23


Comments