Pentingkah kita?

Sebelum manusia memiliki ideologi, sistem kemasyarakatan, dan mensakralkan sesuatu yang profan, manusia adalah makhluk biologis. Segala sesuatu dari apa yang dilakukan oleh manusia bermotif biologis.


Ada dua motif biologis yang selalu menjadi dasar pijakan bagi seluruh kegiatan atau aktivitas manusia, yang pertama adalah mempertahankan dirinya dan yang kedua mempertahankan spesiesnya.


Sama seperti hewan lain, manusia memiliki ketakutan menjadi punah. Padahal, menjadi punah bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Hewan lain telah terlebih dulu mengalaminya. 


Apa yang membuat manusia menganggap dirinya istimewa dan harus bertahan? Sejak kapan ketiadaan dirinya menjadi hal yang menakutkan ketika asalnya adalah ketiadaan? Jawabannya telah dijelaskan di atas.


Jadi jika kita bertanya-tanya kembali dan mengesampingkan motif biologis kita, sebenarnya keberadaan manusia adalah sesuatu yang istimewa atau sama seperti hewan lain, atau bahkan memiliki dampak yg lebih buruk, misal membuat kerusakan pada bumi yg ia tinggali? 


Lalu pentingkah keberadaan kita di bumi sehingga merasa perlu untuk mempertahankan diri dan spesies kita?


20/03/23

Comments