Berbicara perkembangan ilmu pengetahuan kenapa eropa selalu terlibat?

Ilmu/sains adalah sistem pengetahuan yang memiliki metodologi.


Sains yang tercatat dalam sejarah mulai ditemukan oleh bangsa mesir kuno ketika mereka mulai memformulasikan matematika, astronomi dan kedokteran sekitar tahun 3000 SM.


Di waktu bersamaan bangsa-bangsa di Mesopotamia juga melakukan hal yang kurang-lebih sama dengan yang dilakukan bangsa mesir.


Kedua peradaban tersebut menjadi induk peradaban dunia, tetapi peradaban itu akhirnya mendapatkan kodifikasi yang jelas pada masa yunani kuno. Orang-orang yunani adalah orang pertama yang mencoba memisahkan ilmu natural dan supranatural yang kelak menjadi landasan bagi sains modern.


Peradaban yunani tumbuh pesat yang kemudian dilanjutkan oleh romawi, sayangnya pada abad ke-4, orang romawi mengalami kemandegan sampai 1000 tahun berikutnya, ini disebabkan oleh penerimaan atas dogma-dogma kristen pada waktu itu, inilah yang dinamakan zaman kegelapan.


Ketika kaisar roma mengharamkan sains dan filsafat, kajian tentang sains dan filsafat berpindah ke peradaban islam, lalu berkembang dengan sangat pesat 750-1258 M. Tapi sayangnya yang terjadi di dunia kristen juga terjadi di dunia islam, di mana ilmu mulai dibatasi.


Uniknya, ketika dunia islam mulai meredup, dunia kristen justru berhasil membebaskan diri dari dogma kristen sekitar abad 14-17. Oleh sebab itu kita mengenal ilmu pengetahuan banyak bersumber dari barat. 


Serangkaian peristiwa terjadi yang menandakan perkembangan pengetahuan seperti renaisans, reformasi gereja, jaman penjelajahan, aufklarung, revolusi industri, revolusi prancis dll. Sejak saat itu ilmu pengetahuan berkembang hingga saat ini.


21:49

Comments