Random - Mencari Kebenaran

Jangan menjadi orang yang menerima tanpa mengetahui apa yang akan diterima, tanyakan pada dirimu apakah itu baik atau buruk, apa itu kebenaran atau hanya sesuatu yang diyakini benar. Jangan pernah menjadi pembenar atas sesuatu yang kamu terima tanpa mengetahui kebenaran.

Sebenarnya apa yang disebut kebenaran, kebenaran adalah sesuatu yang kadang menyakitkan, kadang juga membahagiakan. itulah mengapa orang yang mencari kebenaran harus mempunyai hati yang lapang, tidak membenarkan sesuatu yang sebenarnya jauh dari kebenaran dan tidak pula menyalahkannya. pencari kebenaran akan menemukan kebenaran dengan mudah, karena hati mereka lapang, pikiran yang selalu terbuka dan tidak memaksakan sesuatu menjadi kebenaran versi kehendak pribadi.

Dalam mencari kebenaran, gunakan akal yang sudah Tuhan berikan sebagai karunia terbesar dari-Nya dan gunakan aturan-aturan dalam agama sebagai landasan dan pengikat supaya tidak melampaui batas. meskipun orang-orang di sekitarmu berkata bahwa kebenaran itu sudah berada di depan matamu, buktikan bahwa yang mereka katakan itu benar. jangan hanya terdiam menerima apa adanya dan menunggu warisan kebenaran dari nenek moyang, atau malah mengutuk, atau menerima kebenaran dengan buta tanpa mencari kebenaran sejati. semuanya tergantung kita, bagaimana kita menyikapi segala yang terjadi.


- Siang Bolong

Comments