Random - Hal Aneh

Percayalah bahwa ada sesuatu yang tidak kita ketahui, namun salah satu dari kita berkemampuan merasakan gesekan kejadian-kejadian yang akan terjadi, jadi jangan salahkan mereka yang bertindak aneh untuk menjadi pencegah kejadian-kejadian itu, jika kita tidak tau maksud orang itu, setidaknya jangan mencelanya. Jika kau tau maksudnya, sesungguhnya pengorbanannya lebih besar daripada yang kita lakukan.

Diibaratkan kebakaran, orang ini melarang seseorang memasak di jam sekian dan menit ke sekian, lantas apa respon orang-orang, mungkin berawal dengan pertanyaan, "kenapa? Apa yang salah?" Tanpa ia sadari di jam itu, di menit itu juga tabung gas yang digunakan untuk memasak meledak dan terjadi kebakaran. Jika seseorang tidak memberitahunya maka orang itu celaka, perlu diketahui peran orang yang memberitahu disini sangat penting walaupun nantinya ia bisa dihina, denga kata-kata, kamu stres, gila dll karena melarang orang memasak ketika sedang lapar dan ingin segera makan.

Memang orang-orang sulit percaya akan hal aneh semacam itu, tapi jika benar-benar terjadi, celaka. Tidak ada lagi sesi minta maaf dan berterimakasih, sudah terlanjur kebakaran dan orangnya meninggal.

Peran orang yang memberitahu bahkan lebih penting daripada pemadam kebakaran yang akan datang ketika semuanya sudah terbakar, tapi kita kadang tidak menghiraukan orang-orang seperti itu, walaupun mereka ada, contoh kecil, orang tua yang baik, dll, biasanya ucapan-ucapan mereka benar, ada baiknya kita mendengarkannya, atau bahkan memang orang-orang yang dekat dengan Tuhan misal Kiai, Wali atau Nabi.


- Jumuah Mubarak
_________
Terinspirasi dari ceramah Gus Dur

Comments