Semua Hal Tentang Introvert

 I’m an introvert, but I’m not anti-social.

Saya mendengar kata Introvert untuk pertamakali dari guru Biologi saya, kelas sepuluh semester satu. Beliau menceritakan panjang lebar bagaimana suka duka menjadi Introvert. Sejak saat itulah saya menyadari karakter kita memiliki kesamaan, dengan rasa ingin tau yang tinggi, akhirnya saya mencari informasi tentang introvert.

Setelah cukup banyak informasi yang saya dapatkan, saya merasa Ini saya, walau bagaimanapun, dengan suka dukanya, saya menerima karena ini adalah anugerah dari Tuhan.

Dari situlah saya merasa perlu untuk membagikan informasi-informasi ini untuk kalian. Saya menyebut Introvert sebagai 'Keistimewaan'. 
Baiklah, berikut beberapa yang saya dapatkan.

Secara garis besar, kepribadian manusia dibedakan menjadi dua, Extrovert dan Introvert. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika ditanya mana yang lebih baik? Jawabannya tidak ada, karena semuanya sama. Sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kurang lebih hanya 25% dari jumlah penduduk bumi ini yang memiliki kepribadian introvert. Meskipun introvert  kelompok yang minoritas mereka merupakan kelompok mayoritas bagi orang-orang berbakat (Nicole Kidman). 

Ada banyak sekali anggapan atau asumsi masyarakat yang menurut saya tidak benar, banyak orang yang salah paham pada orang yang memiliki kepribadian introvert. seorang introvert diidentikkan sebagai pribadi yang cenderung negatif, menghindari  kontak sosial dan selalu terlihat minder dan bodoh. Namun faktanya tidak demikian.
Berbeda dari apa yang kebanyakan orang pikirkan, seseorang dengan kepribadian Introvert bukanlah pribadi yang pemalu. Banyak orang yang mengira bahwa Introvert dan pemalu adalah hal yang sama. Tapi Sebenarnya tidak demikian.

Mitos kepribadian introvert

·        Introvert adalah orang yang sangat pemalu
o   Rasa malu tidak ada hubungannya dengan kepribadian introvert namun sebagai manusia, sama seperti extrovert, introvert bisa jadi seorang pemalu. Apa yang mereka butuhkan adalah alasan untuk berinteraksi. Mereka tidak akan berinteraksi tanpa alasan yang jelas.

·        Introvert tidak suka orang lain
o   Anggapan ini tidak benar. Sebaliknya, seorang introvert sangat menghargai teman yang mereka miliki. meskipun mempunyai sedikit teman, mereka akan menghargai dan mencintai teman mereka dengan sepenuh hati. Bahkan, jalinan persahabatan mereka akan bertahan selama seumur hidup.

Seorang introvert tidak bisa ‘memperbaiki diri’ mereka sendiri dan kemudian beradaptasi menjadi seorang Ektrovert.

Semua hal tentang introvert


1.   Seringkali Introvert merasa ingin sendiri dan menikmati kesenderian. Saat seperti ini, Introvert biasanya menggunakan waktu untuk merenung dan memikirkan sesuatu secara dalam. Namun, seorang Introvert tak sepenuhnya senang menyendiri, hanya saja mereka lebih memilih untuk memiliki segelintir teman dekat namun padat seperti buku. Maksudnya adalah, teman yang memiliki cerminan pengetahuan dan pengalaman yang ada di hidup ini. Seorang Introvert pun tidak pernah menceritakan tentang hal yang bersifat pribadi kepada sembarang orang. Oleh karena itu, jika ada seorang Introvert yang dengan sukarela mengeluhkan masalahnya kepadamu, maka kau adalah orang yang sangat beruntung. Karena mereka telah mengategorikan dirimu sebagai seorang teman yang hebat.

2.   Seorang Introvert adalah tipe pemikir. Dia lebih memilih membicarakan hal-hal substantif dan informatif ketimbang obrolan ringan. Lebih suka membahas sesuatu yang berat seperti kehidupan, ide, teori atau tujuan hidup. Tapi dia bisa menjadi pendengar yang baik. Artinya, jika seseorang membicarakan hal ringan, dia mungkin tidak bisa terlibat dalam pembahasan itu. Tapi membuat orang nyaman dengan menjadi pendengar saja. Seorang introvert lebih suka berkomunikasi secara personal. Bukan karena mereka takut dengan kerumunan orang. Ia hanya merasa komunikasi personal akan bisa membicarakan sesuatu dengan lebih dalam. ia merasa tidak sabar untuk pulang saja jika terjebak dalam kumpulan orang yang membicarakan hal tidak penting. Introvert tidak akan berbicara kecuali memang perlu dibicarakan. Mereka tidak suka berbasa-basi. Seorang dengan pribadi introvert akan lekas berbicara tentang sesuatu jika hal itu menarik baginya dan akan membahas berkali-kali.

3.   Introvert bukan seseorang yang nyaman untuk ngobrol lewat telepon. Dia bahkan tidak dengan mudah menerima telepon dari sahabat atau bahkan keluarganya. Hanya kepada orang-orang tertentu dan saat-saat tertentu dia bisa ngobrol enak lewat telepon.

4. Ketika Introvert tahu bahwa ada seseorang yang mengiriminya pesan, ia tidak langsung membalasnya. Meskipun mungkin itu adalah pesan dari keluarga. ia memilih untuk membalas pesan itu dalam konsentrasi penuh dan tidak sedang membagi waktu dengan aktivitas lain.

5.   Introvert bukan orang yang anti untuk bersosial dengan orang lain. Dia hanya cenderung lebih berhati-hati. Menjalani pertemanan dengan ritme yang pelan, karena dia ingin tahu betul karakter dari seorang teman sebelum ia berhubungan terlalu akrab dengannya. ia membuka diri hanya untuk orang-orang tertentu saja.

6.  Seorang introvert jarang sekali datang ke acara yang menghadirkan banyak orang dan keramaian. Mungkin sesekali ia akan datang ke acara seperti itu, tapi itu sangat jarang. ia lebih suka untuk pergi dengan sedikit orang saja, karena dengan begitu ia akan mendapatkan intimasi.

7.   Intorvert adalah orang yang sangat jeli dalam menebak karakter seseorang. Dari penampilan atau sikap orang, dia sudah bisa menebak sifat dari orang tersebut. Ini terjadi karena dia sering sekali memperhatikan seseorang. Introvert suka sekali mengamati lingkungan sekitar dengan detail. ia mencoba menyelami dan mencari tahu tentang apapun yang terjadi dengan hal-hal di sekitarnya. ia suka mengamati orang yang lalu lalang sambil memikirkan apa kira-kira yang dipikirkan orang tersebut. ia sering mencoba mencari jawaban tentang apapun di sekitarnya. Orang yang bukan Introvert biasanya tidak memikirkan hal tersebut.

8.   Menyendiri adalah salah satu jalan mereka untuk dapat menemukan kreatifitas, solusi, ataupun ide-ide baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

9.   Introvert adalah pendengar yang sangat hebat. Dia mendengarkan, mengamat dan memahami. Tapi dia tidak dengan mudah memberikan jawaban atau respon.

10. Mereka adalah penyair sejati, mereka mudah sekali membuat kata-kata mutiara yang dengan sendirinya keluar dari isi hatinya sementara jika harus mengutarakannya langsung ke orang lain bisa-bisa introvert jadi panas dingin/ gugup.

11. Introvert adalah orang yang berhati-hati dalam berbicara. Dia akan berpikir dan menghindari menyampaikan sesuatu yang sia-sia. Setiap membuat argumen, dia akan berusaha untuk membuat argumen yang sangat berbobot dan bermutu.

12. Introvert cenderung lebih suka untuk berkomunikasi lewat tulisan daripada lisan. Misalnya untuk mengklarifikasi atau menjelaskan sesuatu melalui tulisan. Entah itu menulis di blog, akun media sosial ataupun menulis di buku

13. Bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya sendiri dari pada hanya menyeluh dan protes dan hanya akan memilih diam dan bekerja.

14. Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikirannya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi. Itulah syaratnya agar dapat menciptakan sebuah Adikarya. Biasanya seorang Introvert gemar menulis. Karena dalam menulis mereka dapat lebih terbuka dalam mempresentasikan pikiran ataupun membagikan pengalamannya kepada orang lain.

15. Ada lebih banyak darah yang mengalir di daerah anterior pada otak bagian depan, bagian ini yang berfungsi sebagai pengolah inti seperti merencanakan sesuatu atau menyelesaikan masalah itulah sebabnya mereka cepat menangkap dan menjadi pemikir yang baik.

16. Logis dan realistik dalam memikirkan suatu masalah

17. Setia dan menghargai hubungan yang jujur dan tulus meskipun mereka kurang ekspresif

18. Pemimpin yang hebat, hal ini di tunjukkan dengan sifatnya yang bertanggung jawab, bijaksana dan disiplin. meskipun banyak orang berasumsi bahwa introvert adalah pemalu, namun banyak public figure dan tokoh terkenal yang memiliki kepribadian introvert seperti Bung Hatta, Bill Gates, Mahatma Gandhi, Emma Watson, Albert Einstein dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki potensi menjadi pemimpin yang hebat, rata-rata seorang introvert tidak tertarik untuk memimpin tetapi mereka adalah pengikut yang loyal.

19. Meskipun tidak suka pertentangan namun saat introvert marah maka tidak ada yang berani menjawabnya dan hanya terpaku diam.

20. Kelebihan seorang introvert yaitu memiliki kemampuan untuk merenung, intropeksi dan berkomunikasi melalui tulisan, dengan kelebihan itu, ia berpotensi menjadi penulis kritis. seorang introvert lebih nyaman mengekspresikan diri dengan menulis, termasuk saat berkomunikasi biasa, ia lebih suka berkirim pesan teks atau email ketimbang telepon atau bertatap muka.

21. Dalam urusan intropeksi diri introvert adalah jagonya, karena mereka melihat ke dalam dirinya untuk mencari makna hidup

22. Teman introvert memang tidak sebanyak orang ekstrovert namun mereka mengenalnya dengan baik

23. Introvert biasanya cermat dalam merancang sebuah rencana kemudian menjalani kehidupan secara teratur seperti yang sudah direncanakan. Memikirkan sesuatu secara terorganisir bahkan jauh ke depan dibanding orang kebanyakan

24. Unggul dalam mendekati inti dari sebuah permasalahan sehingga menjadi introvert salah satu problem solving yang handal

25. Introvert adalah sahabat setia. Karena dia memang sejak awal selektif dalam mencai sahabat dan tidak bergaul dengan terlalu banyak orang. Sehingga dia akan sangat setia ketika merasa menemukan seseorang yang sangat  tepat untuk dijadikan sahabat.

26. Introvert memiliki sifat dan karakter yang cenderung menyendiri, misterius dan terkadang terlihat aneh. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak.

27. Sifat Ekstrovert lebih membutuhkan sosial, cahaya, kebisingan, ruang lingkup yang luas dan sebagainya. Sedangkan Introvert lebih membutuhkan sebuah teh hangat dan berkumpul bersama beberapa teman dekat saja daripada pergi ke tempat yang penuh dengan orang asing.

28. Seorang Introvert lebih fokus kepada hal yang bersifat psikis daripada fisik. Mereka senang menjelajahi ruang pikirnya, mereka membaca buku, menonton tayangan yang dapat mengasah otak, karena mereka haus dengan segala hal yang berbau informasi.

29. Introvert adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari segi manapun selain itu mereka pandai dalam memilah sesuatu, baik itu hal kecil maupun besar, hal yang berguna maupun tidak. berbeda dengan seorang Ekstrovert yang cenderung berpikir secara momentum saja.

30. Introvert dapat memilah hal-hal antara yang baik atau tidak, terpakai atau tidak dan lain semacamnya, itu sebabnya terkadang mereka menyimpan barang-barang yang menurut orang lain sudah tak berguna.

31. seorang Introvert dapat bersikap tenang menghadapi segala tekanan dan permasalahan. Mungkin karena kebiasaan mereka yang menyendiri sehingga emosi mereka terlatih untuk tetap stabil. Selalu berpikir sebelum berbicara adalah suatu naluri lahiriah bagi mereka.

32. Introvert akan berhati-hati saat menjelaskan pendapatnya, karena mereka tak suka dengan pertikaian yang tak ada hasil. Oleh sebab itu mereka cenderung menjadi pendengar yang baik.

33. seorang Introvert yang sedang mendengar sangat pandai dalam menggabungkan fakta-fakta dan prinsip serta pemikiran orang lain, kemudian dijadikannya sebuah klausa sebab-akibat yang baik, lalu dikemas rapih dan terbentuklah sebuah tesis, sebuah jawaban yang dapat menjadi pemecah masalah bagi sebuah perdebatan yang terjadi.

34. Bagi Introvert diam bukan berarti tak mengerti atau tak peduli, tetapi mereka menganalisa. Kedetilan mereka akan segala hal membuat Introvert menjadi pekerja yang baik.

35. Di dalam keramaian sekalipun kadang introvert masih merasa kesepian

36. Praktis, kadang lebih suka memahami inti dari sebuah persoalan sehingga mereka akan langsung menanyakan tentang intinya saja, ia juga suka sesuatu yang abstrak ataupun imajinasi tingkat tinggi

37. Introvert seorang narasumber yang tepat, baik itu dalam survey maupun wawancara karena sifatnya yang apa adanya dan tidak melebih-lebihkan, hanya menjawab pertanyaan yang ditanyakan kepadanya tanpa tanya balik, sebenarnya bukan tidak ingin bertanya balik hanya saja introvert tidak tahu apa yang harus ditanyakan

38. Introvert itu mandiri, lebih memilih mengerjakan sesuatunya sendiri selama itu memungkinkan untuk dilakukan namun tetap rendah hati

39. Lebih suka belajar hal baru secara otodidak

40. Introvert lebih terlihat berwibawa, cool dan kalem sehingga menjadikan mereka orang yang disegani bukan untuk ditakuti

41. Orang yang Ekstrovert lebih mencari kebahagiaan dan kehidupan yang positif. Tetapi, bukan berarti Introvert mempunyai sifat yang berkebalikan, seorang Introvert tidak pernah mengategorikan dirinya sebagai sesuatu yang positif ataupun negatif, ia lebih cenderung menuju netral dalam kehidupannya. Seimbang, seperti Yin dan Yang. Mereka sosok yang bersahaja. Dapat bersosialisasi meskipun tidak sebaik ekstrovert. Kadang mereka butuh waktu untuk menjadi diri sendiri.

42. Introvert merasa gugup saat harus berinteraksi dengan orang banyak atau merasa tidak nyaman dan ingin segera keluar dari situasi tersebut. Ia orang yang tidak terlalu suka dengan kehidupan sosial. Ia lebih suka tinggal di rumah, menghibur diri dengan membaca, bermain komputer, berkebun dan mendengarkan musik.

43. Seorang introvert suka merenungkan berbagai hal, dimanapun dan kapanpun. Tak jarang mereka larut dalam dunia fantasi mereka yang kadanag sulit dimengerti orang lain.

44. Introvert sangat peka dan sensitif dengan keadaan, sehingga mereka pandai menjaga perasaan orang lain

45. Meskipun mereka terlihat cuek dan sangat dingin tetapi sejatinya mereka adalah orang yang hangat terutama bagi orang-orang terdekatnya

46. Saat berpapasan dengan temannya, introvert akan hanya tersenyum atau melambaikan tangannya. Mereka bukannya tidak ingin  menyapa hanya saja mereka tidak tahu apa yang harus mereka ucapkan

47. Introvert selalu pintar menyembunyikan perasaanya, jadi wajar saja orang yang dia sukai selalu tidak mengerti dan mengetahui isi hatinya sehingga hanya menerka-nerka

48. Introvert temannya sedikit, bukan karena mereka pemilih hanya saja mereka berteman kepadaa orang-orang yang mereka anggap memberi kenyamanan

49. Mereka umumnya memilih jadi penyendiri karena tidak percaya diri dengan keterampilan sosial mereka. Kurang percaya dengan kemampuannya sendiri meski mereka mumpuni tuk melakukannya

50. Ia berlebihan dalam mempertimbangkan segala sesuatu. Ia terlalu berhati-hati dengan resiko. Termasuk berhati-hati sekali sebelum menyampaikan pendapat kepada orang lain.

51. Berfikir di luar pemikiran orang kebanyakan karena mereka memiliki perspektif yang berbeda menjadikan keunikannya tersendiri

52. Rata-rata seorang introvert sering terkena insomnia

53. Biasanya introvert pandai dalam dunia akademis mungkin karena sifat pemikirnya namun tidak jarang juga pandai di bidang seni.

54. Memiliki gendre musik yang khas dan jarang orang menyukainya

55. Pada dasarnya Introvert bukanlah orang yang pemalu atau penyendiri. Namun, dia memang akan lebih bersemangat, fokus, dan berenergi saat sendirian daripada saat berkumpul bersama orang lain.

56. Seorang introvert canggung untuk menimpali obrolan ringan, dengan begitu ia memilih untuk lebih banyak diam. Mereka hanya berbicara seperlunya yang mereka anggap penting

57. Ketika introvert membalas pesan, ia akan memikirkan dulu respons bijaksana untuk membalas pesan tersebut.

58. Seperti di singgung sebelumnya, dalam pergaulan seorang introvert hanya nyaman dengan segelintir orang kepercayaan. Ia sangat malas bergaul ramai-ramai dengan banyak teman.

59. Introvert adalah pribadi yang sangat memperhatikan lingkunagnnya dan mengingat setiap detailnya. Jadi tak heran kalau ia dianggap penuh perhatian oleh orang sekelilingnya.

60. Introvert adalah orang yang kereatif, ia mampu menyerap banyak informasi dan menggunakannya untuk menciptakan ide-ide cemerlang.

61. Cenderung lebih menganalisi situasi, bahkan terhadap sesuatu yang tak perlu dianalisis sama sekali. Ia selalu ingin memahami sesuatu lebih dalam.

62. Orang dengan kepribadian introvert tahan terhadap kesunyian dan kesendirian

63. Butuh pemicu semangat untuk dapat bergerak karena mereka sulit melupakan masalalu dan melangkah ke depan, tapi mereka tekun dan tertarik dengan hal yang baru.

64. Memiliki tokoh ataupun orang yang menginspirasinya sendiri untuk dapat berkembang menjadi pribadi yang baik dan lebih baik.

65. Tidak seperti ekstrovert yang melakukan semuanya secara spontan, introvert cenderung memikirkan dahulu segala hal yang akan mereka lakukan baik itu bertindak maupun berbicara

66. Lebih suka pasangan yang memiliki kepribadian ekstrovert, periang dan supel.

67. Tidak ekspresif namun akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan bahkan heboh ketika bertemu dengan sahabat akrabnya.

68. Sering memberi masukan dan semangat kepada orang lain tetapi tidak mampu hanya untuk menyemangati dirinya sendiri.

69. lebih suka mendengarkan untuk di tulis daripada mendengar untuk menceritakan. Ia memiliki kebiasaan buruk memendam segala sesuatu dan sulit untuk mengutarakannya lewat lisan.

70. Introvert adalah seorang yang lembut dan penyayang namun introvert memiliki prinsip yang kuat dan tidak mudah untuk menggoyahkannya

71. Tidak bisa bekerja jika terus diperhatikan karena bisa-bisa introvert menjadi salah tingkah, karena introvert tidak merasa nyaman saat banyak orang yang memerhatikannya

72. Melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda menjadikan mereka seorang yang unik

73. Jangan membuat orang introvert marah dan menyakitinya, karena mereka akan selalu mengingat apa yang membuat mereka sakit meskipun sejatinya telah memaafkannya

    Semua hal tentang introvert di atas tidak semuanya benar dan tidak pula semuanya keliru karena banyak faktor lain yang memengaruhi. Tulisan ini dibuat berdasarkan kepribadian saya dan juga dari berbagai sumber dibawah ini,




Comments

  1. Dari 73 point ini, cuma no 54 yang tidak sesuai denganku. Berarti aku masuk introvert dong, ya? Heheheh

    ReplyDelete
  2. Bolehkah saya minta solusi atau mungkin tanggapan, saya sedang dekat dgn org yg memiliki karakter ini, cara mengetahui apakh dia suka atau merasa kita sdh berada dekat dengan dia itu seperti apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seorang Introvert tidak sembarang berteman atau menjalin hubungan, ia sangat teliti, jika karakter orang lain cocok dengannya, berarti dia senang berteman denganmu atau bahkan diam-diam suka sama kamu.

      Delete
  3. Kayaknya aku introvert soalnya aku menyendiri ketimbang keramaian .

    ReplyDelete
  4. This is really me! All of these are true~

    ReplyDelete
  5. Saya mungkin mengalami mayoritas point di atas, tp kadangkala saya sendiri merasa bukan seorang introvert karena seringkali pada momen2 tertentu (kalau mood lagi bagus) saya lebih senang ngobrol dengan orang banyak dan bisa berlama-lama. Mungkin ada yg bilang saya ambivert, namun setelah membandingkan dengan beberapa daftar hal disini https://vote.id/list-14-hal-hal-yang-paling-tidak-disukai-oleh-mereka-yang-introvert ,semakin jelas bahwa saya ternyata introvert sejati :) hanya saja ada momen dimana memang manusia itu gak bisa terus2an sendiri dan saya sepertinya "memaksakan" diri untuk bersosialisasi dan mungkin lebih terkesan "sandiwara". Apapun itu saya tetap bersyukur kok..

    ReplyDelete

Post a Comment