Apa Maksud Setan Dibelenggu pada Bulan Puasa?

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling mulia. Dimana segala amalan akan dilipat gandakan. Perbuatan baik akan mendapat pahala yang berlipat daripada bulan biasanya. Jadi, selagi bulan ramadhan, hendaknya kita manfaatkan momen ini untuk berlomba-lomba mencari pahala.
Salah satu yang sering kita dengar tentang bulan ramadhan juga adalah dimana setan dibelenggu. Pasti terpikir di benak kita bahwa maksud dari setan dibelenggu adalah tidak ada setan, kejahatan, dan perbuatan buruk di muka bumi ini. Tapi nyatanya, masih tetap ada perbuatan buruk dan tanpa sadar kita kadang melakukan hal buruk juga. Lalu, apa artinya?

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Ketika malam pertama bulan Ramadhan datang, para setan dan pembangkang dari kalangan jin dibelenggu."

Maksud dari hadis tersebut adalah setan dibelenggu dan dirantai pada bulan ramadhan. para pembangkang ini maksudnya adalah kalangan jin. Maksudnya bukan menafikan kejahatan sama sekali, tapi meminimalisir kejahatan karena setan sedang lemah.

Jadi, di bulan ramadhan memang setan dan para jin dibelenggu. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya tindak kejahatan. Kejahatan tetap ada, namun ada sedikit saja, tidak sebanyak bulan-bulan yang lain. Karena para penghasut sedang dibelenggu.

Wallahu a'lam bishawab.

Sumber: VIVA.CO.ID

Comments