Puisi - Sampai Akhir

Dirgahayu Republik Indonesia

Tetaplah menjadi Indonesia yang aku kenal sejak tetes pertama darahku ditumpahkan

Tetaplah menjadi harapan bagi setiap orang tanpa memperhitungkan perbedaan

Tetaplah menjadi rumah yang aman bagi mahkluk Tuhan tanpa pandang agama, suku, ras atau gelar lain yang disandang

Rawatlah harmoni yang tercipta di atas nama perbedaan; inilah anugerah Tuhan

Jadilah selalu Indonesia yang satu, yang bersatu dan kokoh, meski berbagai cara dilancarkan musuhmu demi kehancuran tanah ini

Jadilah selalu Indonesia yang kala itu aku kenal; berbeda kau kuat, bercerai kau tak lagi Indonesia

Aku berharap, akan selalu ada generasi yang mencintai perbedaan itu, generasi yang tak egois mengambil perpecahan sebagai jalan keluar atas setiap permasalahan

Aku berharap, suatu saat nanti ketika aku telah pergi, aku berkesempatan memberikan sesuatu untuk negeri ini

Andai kelak yang kuberi tak banyak, kepergianku menjadi syukurku karena pernah hidup untuk Indonesia

Dirgahayu Tanah Airku


Tonton Disini

#dirgahayu
#indonesia
#tanahair
#semangat45
#nusantara
#17agustus2018
#negeriku
#merahputih
#hutri73
#kemerdekaan

Comments