Imajinasi dan Novel Fantasi JK Rowling

Selama masa kanak-kanak, Rowling selalu tertarik untuk menulis cerita fantasi. Fantasi adalah hal yang berhubungan dengan khayalan atau dengan sesuatu yang tidak benar-benar ada dan hanya ada dalam benak atau pikiran saja. Kata lain untuk fantasi adalah imajinasi.

Cerita pertama yang ditulisnya adalah tentang kelinci yang mendapat campak dan dikunjungi teman-teman yang berbeda.

Albert Einstein: "Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world." (Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Pengetahuan terbatas. Imajinasi melingkupi dunia.") Ya, imajinasi jauh lebih penting daripada (sekadar) pengetahuan. Mengapa imajinasi lebih penting? Jika pengetahuan diperoleh dengan kegiatan panca-inderawi, imajinasi bermain lebih dari arena akal ini. Meski demikian, imajinasi bukanlah angan-angan kosong (daydreaming), melainkan berangan-angan yang terarah (imagining). Apa yang mustahil dipikirkan akal, masih mungkin dimainkan oleh imajinasi. Dulu sebelum ada lampu listrik, ada orang yang punya imajinasi tinggi, yakni Thomas Alva Edison. Maka, pada 1879 dia menemukan lampu listrik itu-suatu temuan yang semula ditertawakan, namun akhirnya dikagumi dan bahka disyukuri hingga sekarang ini.

Kembali pada kisah JK Rowling ketika membuat cerita fantasi Harry Potter.

Rowling menuliskan ide awal tentang HARRY POTTER di sebuah tisu saat ia naik kereta dari Manchester to London di tahun 1990. Ia pun merampungkan buku pertamanya HARRY POTTER AND THE PHILOSOPHER STONE seluruhnya dengan mesin ketik. Ia sering merampungkan tulisannya tersebut di kafe Edinburgh bersama dengan putrinya.

Awalnya, Ia menyerahkan naskahnya ke beberapa penerbit, sebanyak 12 penerbit menolak naskah yang ia buat, Setelah beberapa kali ditolak, penerbit ke 13 lah yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya, akhirnya nasib dan takdir baik berpihak padanya, Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah untuk jumlah sebanyak $4000.

JK Rowling adalah orang pertama yang menjadi miliarder hanya dengan menulis buku.

JK Rowling Quotes,
"Kemiskinan memuat rasa takut, dan stres, dan kadang-kadang depresi. Kemiskinan itu berarti beribu penghinaan dan kesulitan. Berjuang keluar dari kemiskinan dengan usaha Anda sendiri, itulah yang sesungguhnya menjadi kebanggaan diri sendiri, tetapi kemiskinan itu sendiri hanya terkesan baik oleh orang bodoh. Apa yang paling saya takuti di usia saya seperti Anda? bukan kemiskinan, tetapi kegagalan. Kegagalan mengajarkan saya hal-hal tentang diri saya sendiri bahwa saya bisa belajar. Saya menemukan bahwa saya memiliki kemauan yang kuat, dan disiplin lebih dari yang saya duga, saya juga menemukan bahwa saya memiliki teman-teman yang nilainya benar-benar melebihi harga permata. - JK Rowling"

Comments