Menggunakan Page Number Microsoft Word

Artikel ini dibuat untuk membantu teman-teman yang menemui kesulitan dalam penggunaan Page Number terutama teman-teman yang ingin menggunakan angka Romawi dan angka biasa dalam satu file Ms Word serta ingin menghilangkan Page Number di halaman cover.

Menggunakan Page Number dalam satu file yang terdiri dari cover, halaman setelah cover (Kata Pengantar, Daftar Isi, dll) dan Isi (BAB I, BAB II, dll). Berikut langkahnya :
       1.       Buka file yang ingin diberi Page Number.
       2.       Letakkan kursor di halaman setelah Cover.
       3.       Lakukan langkah berikut, Page Layout – Breaks – Continuous.
       4.       Kemudian letakkan kursor di halaman isi.
       5.       Lakukan lagi langkah ketiga.


Hal-hal di atas dilakukan untuk memisahkan antara kertas cover , kertas halaman setelah cover dan kertas isi. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut :
       1.       Mengganti format Page Number menjadi angka romawi. Dengan cara, Insert – Page Number –     Format Page Numbers... -  Number Format (Pilih Romawi) – Start at (Isi dengan angka romawi i) - Oke
       2.       Letakkan kursor di halaman yang akan diberi angka Romawi, dalam hal ini halaman yang ingin diberi angka Romawi adalah halaman-halaman setelah cover.
       3.       Setelah meletakkan kursor di halaman yang ingin diberi angka Romawi, langkah berikutnya  Insert – Page Number – Bottom of Page (Opsional) – pilih Plain Number sesuai keinginan (Opsional).
       4.       Selesai, Close Header and Footer di bagian kanan atas.


Untuk mengganti halaman isi dengan angka biasa yang dimulai dari angka 1, lakukan langkah berikut :
       1.       Letakkan kursor di halaman isi, lalu Insert – Page Number – Format Page Numbers... -  Number Format (Pilih angka biasa) – Start at (Isi dengan angka  1) – Oke.
       2.       Selesai, Page Number telah terganti.


Berikutnya adalah menghapus page number di halaman cover. Berikut langkah-langkahnya :
       1.       Klik 2x nomor halaman di cover tersebut, lalu perhatikan bagian atas muncul menu Design – Perhatikan bagian Options – Centang Different First Page.
       2.       Selesai, Page Number di cover hilang.
 3.    Close Header and Footer di bagian kanan atas. 

      Klik di sini untuk Cara Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Otomatis

Comments