Malaikat Jibril


Menurut bahasa, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari Arab malak (ملك) yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar “al-alukah” yang berarti risalah atau misi, kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan Ar-Rasul.

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allat SWT. Malaikat diciptakan dari cahaya jauh sebelum Allah menciptakan manusia. Malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat kepada-Nya, tidak mempunyai hawa nafsu, tidak berjenis kelamin, dan selalu bertasbis kepada Allah tanpa henti.

Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya. tapi jumlah malaikat yang wajib kita imani adalah 10 malaikat. Diantara sepuluh malaikat tersebut, malaikat jibril adalah malaikat yang menjadi perantara turunnya wahyu Allah kepada rasul-Nya. Malaikat Jibril mempunyai beberapa nama, di antaranya Ruhul Amin, Ruhul Qududs, dan Namus. Malaikat jibril menyampaikan wahyu atas perintah Allah SWT. Malaikat jibril apabila turun kedunia untuk menyampaikan wahyu dari Allah, menggunakan dua cara yaitu berubah menjadi manusia, dan juga berupa suara yang nyaring dari sebuah lonceng. Seperti ketika malaikat Jibril menyampaikan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW, malaikat jibril menjelma menjadi suara lonceng yang membuat Nabi Muhammad SAW. menggigil ketakutan. Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW. yang disampaikan malaikat Jibril adalah surah Al-‘Alaq ayat 1-5 .

Comments