Ciri-Ciri Anak Berbakat


Assalamu’alaikum wr. Wb.

Bagaimana kita mengetahui anak itu berbakat? Conni M. Eales (1983) dalam bukunya Raising Your Talented Child mengajukan beberapa pertanyaan penting :

A.    Apakah anak tersebut tidak pernah puas dalam keinginannya untuk mengetahui hampir segala hal?
B.    Apakah anak memiliki perbendaharaan kata yang lebih luas dan lebih maju dibanding anak-anak seusianya?
C.    Apakah anak sanagt tekun berusaha mencapai apa yang dianggapnya sebagai tujuan, entah dalam bentuk mendapatkan informasi tertentu, menyelesaikan tugas, atau melaksanakan rencana kreatif tertentu?
D.    Apakah anak mampu menangkap kahalusinasi dalam lelucon, kiasan, dan permainan kata lainnya?
E.    Apakah anak mampu lebih dari satu segi dalam suatu situasi atau permasalahan?
F.    Apakah anak lebih menyukai permainan yang sulit dan menantang? Pendek kata, apakah ia mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang rumit?
G.    Bila menghadapi sesuatu yang menjemukan, apakah anak tersebut menyuntikkan buah pikirannya sendiri untuk membuatnya lebih menarik?
H.    Apakah anak tampak terlalu terkait pada kaharusan untuk selalu bertindak sebagaimana yang diharapkan?
I.    Apakah anak cepat mempelajari sesuatu? Apakah ia mampu belajar sendiri tanpa pernah diajari orang tuanya? Dapatkah anak menggunakan sendiri sumber-sumber yang ada?
J.    Apakah anak memiliki ingatan yang kuat dan pengamatan yang tajam?
K.    Apakah anak selalu menuntut alasan dan penjelasan? Apakah ia melihat kesalahan dalam pikiran atau ucapannya?
L.    Apakah anak menaruh perhatian pada keinginan, perasaan, dan pikirannya, serta keinginan, perasaan, dan pikiran orang lain?
M.    Dapatkah anak mengajukan gagasan baru, hal-hal yang oleh orang dewasa belum pernah terpikirkan, atau bahkan gagasan-gagasan abstrak pada usinya yang masih sangat mengantisipasi akibat-akibat yang akan terjadi?
N.    Dapatkah anak dapat menampilkan keterampilan pada tarif jauh diatas tingkat yang biasanya diharapkan untuk kelompok usianya, misalnya dibidang seni rupa, musik, mengarang, drama, olahraga, kepemimpinan, atau bidang lain?
O.    Dapatkah anak menyelesaikan tugas dengan penuh perhatian sambil terus mengawasi apa yang berlangsung didalam ruangan yang luas dan riuh?

Memang, para ahli sudah menemukan banyak  sekali ciri anak berbakat, tetapi umumnya sangat jarang seorang anak memiliki semua sifat tersebut sekaligus, seperti yang disebutkan Eales di atas. Dari hasil penyimpulan yang menentukan bakat seseorang pada pokoknya merujuk pada tiga kelompok ciri-ciri, yakni : (1) kemampuan diatas rata-rata (2) kreativitas, dan (3) tanggung jawab atau pengikatan diri terhadap tugas

R.A. Martison dalam bukunya The Indentification of the Gifted and Talented (1974), merinci ciri-ciri anak berbakat sebagai berikut:

    Membaca pada usia yang relatif lebih muda
    Membaca lebih cepat dan lebih banyak
    Memiliki perbendaharaan kata yang luas
    Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat
    Mempunyai minat yang luas, juga pada persoalan “dewasa”
    Mempunyai inisiatif, dapat bekerja sendiri
    Menunjukkan keaslian (orisinalitas) dalam ungkapan verbal
    Memberi berbagai jawaban yang baik
    Bisa memberikan banyak gagasan
    Luwes dalam berfikir
    Terbuka pada rangsangan-rangsangan dari lingkungan
    Memiliki pengamatan yang tajam
    Bisa berkonsentrasi untuk jangka waktu panjang, terutama terhadap tugas atau bidang yang diamati
    Berfikir kritis, juga terhadap diri sendiri
    Senang mencoba hal-hal baru
    Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang tinggi
    Senag terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan masalah
    Cepat menangkap hubungan-hubungan (sebab akibat)
    Berperilaku terarah pada tujuan
    Mempunyai daya imajinasi yang kuat
    Mempunyai banyak kegemaran (hobi)
    Memiliki daya ingat yang kuat
    Tidak cepat puas dengan prestasinya
     Sensitif dan menggunakan intuisi (firasat)
    Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan.

Melihat begitu banyak ciri anak berbakat, dari sekian banyak ciri tersebut, mana yang akan kita pakai sebagai indikator dalam proses penelusuran anak berbakat?
Wassalam.....


Comments