Memasukkan Data Ms Excel ke Photoshop untuk Nama Sertifikat

Kali ini, Saya akan membagikan cara memasukkan data Ms Excel ke Photoshop. Cara ini dilakukan untuk memasukkan nama-nama peserta seminar, lomba atau agenda lainnya dari Ms. Excel ke file sertifikat di Photoshop secara otomatis. Memberi nama pada satu atau beberapa sertifikat mungkin sangat mudah, kita tinggal mengetikkannya secara manual. Namun bagaima jika nama-nama yang harus dimasukkan dalam jumlah banyak? Tentu hal itu akan menguras tenaga dan waktu jika dilakukan secara mansual.

Berikut caranya :
Buatlah file Excel sepeti ini.
Simpan file dengan format Text (Tab Delimited) lalu klik Save.



Jika muncul seperti ini, klik OK atau YES saja.

Selanjutnya buka File PSD sertifikat yang sudah dibuat. Kemudian Klik layer yang ingin digantikan dengan nama peserta.

Jika sudah diklik, lakukan langkah ini :  Image - Variables - Define...

Berikutnya akan muncul seperti ini. Centang Text Replacement - Ketik nama file tanpa spasi - lalu klik Next. Jika layer yang ingin diganti ada 2 atau lebih, maka klik Oke, lalu lakukan cara yang sama seperti sebelumnya, mulai dari klik layer yang ingin diganti, lalu klik Image - Variables - Define seperti langkah sebelum ini. Jika tidak, maka klik next.

Akan muncul seperti ini, klik Import.

Jika sudah, akan muncul ini. Select file/ pilih file yang sudah kita buat. Jangan centang "Use First Column For Data Set Names". langsung OK saja.

Lalu muncul ini, centang Preview dan OK

Lakukan Export untuk memulai proses replacement, caranya : File - Export - Data Sets as Files.

Selanjutnya akan muncul seperti ini. Select Folder/Pilih folder untuk meletakkan sertifikat, saran Saya buatlah folder baru agar file sertifikat tidak bercamcur dengan file lain. Lalu atur sesuai gambar di atas dan klik OK. Proses pemasangan nama akan berjalan secara otomatis.

Hasilnya. Catatan : file hanya bisa disimpan dalam format PSD, jika kalian tau cara menyimpan file menjadi JPG, PNG atau PDF, bisa bagikan caranya di kolom komentar.

Sekian tutorial kali ini. Terima kasih.




Comments