Puisi David M. Romano - Ketika Memulai Esok Tanpaku

Ketika memulai esok tanpaku
Dan aku tidak bisa melihat di sana
Bila mentari terbit dan mendapati matamu dipenuhi air mata untukku
Sungguh kuberharap kau takkan menangis seperti hari ini
Selagu memikirkan banyaknya kata yang belum kita bagi
Ku tahu betapa kau mencintaiku
Layaknya aku mencintaimu
Dan setiap kali kau memikirkanku
Ku tahu kau juga akan merindukanku
Tapi ketika memulai esok tanpaku
Kumohon cobalah mengerti
Kalau seorang malaikat datang memanggil namaku
Dan menggandeng tangan ini
Lalu berkata tempatku sudah siap
Nun jauh di atas, dalam surga
Dan harus kutinggalkan semua yang amat kucinta
Tapi saat ku beranjak pergi menitiklah air mata ini
Seumur hidup aku selalu berfikir
Aku tidak mau mati
Begitu banyak yang ingin kuperbuat dalam hidup
Begitu banyak yang belum kulakukan
Rasanya nyaris mustahil kalau kau kutinggalkan

Kuingat semua hari yang telah lalu
Yang menyenangkan maupun menyedihkan
Mengingat semua cinta yang kita bagikan
Dan seluruh kegembiraan yang kita rasakan
Andai ku bisa mengulang hari kemarin
Meski hanya sekejap saja
Akan kuucap selamat tinggal lalu menciummu
Mungkin bisa melihatmu tersenyum
Kemudian kusadari sepenuhnya kalau ini takkan terjadi
Karena kehampaan dan kenangan
Akan menggantikan tempatku
Dan saat kuingat hal-hal duniawi
Yang akan kurindukan esok hari
Ku teringat kepadamu dan setelah itu hatiku pun terasa nyeri
Namun tatkala aku melewati gerbang surga
Aku merasa seperti di rumah
Begitu Tuhan memandangku dan tersenyum kepadaku
Dari singgasana emasnya yang megah
Ia berkata, "Inilah kekekalan."
Dan semua yang telah Ku-janjikan kepadamu
Hari ini hidupmu di bumi berakhir
Tapi di sini dimulai hidup yang baru
Aku tidak menjanjikan hari esok
Tapi hari ini akan selalu bertahan
Dan karena setiap hari serupa
Masa lalu tak perlu dirindukan
Kau sangat beriman
Sangat percaya dan sangat jujur
Meski terkadang
Kau melakukan perbuatan
Yang kau tahu tak boleh kau lakukan
Namun kaun sudah diampuni
Dan akhirnya kau bebas
Tak inginkah kau mendekat dan menggenggam tanganku
Lalu berbagi kehidupanku bersamaku?
Maka ketika memulai esok tanpaku
Jangan pikir jarak kita jauh adanya
Karena kalau kau memikirkanku saja
Di sini, di hatimu, aku ada.



Ketika Memulai Esok Tanpaku ~ David M. Romano

Proof of Heaven - Eben Alexander, M.D.

Comments